FIELD REPORT PRA 1 PKMPB BIOLOGI FMIPA UNJ 2019


FIELD REPORT PRA PKMPB 1 BIOLOGI 2019
Oleh Peralihan Pertiwi Idea Goesvita
Pendidikan Biologi A FMIPA UNJ

            Kepemimpinan adalah salah satu hal krusial yang perlu dimiliki oleh setiap individu. Jiwa pemimpin penting untuk dimiliki terutama bagi mahasiswa sebagai pemuda Indonesia sebagai “Agent of Change”. Potensi menjadi pemimpin dapat diasah dan dilatih seiring berjalannya waktu kita dihadapi dengan situasi dan tantangan. Salah satu sarana dalam mengembangkan kepemimpinan yaitu PKMPB.
            Apa itu PKMPB? PKMPB adalah singkatan dari Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Prodi Bersama Biologi. PKMPB ditujukan untuk melatih jiwa pemimpin muda yang berkarakter. PKMPB akan dilaksanakan oleh BEM Program Studi Rumpun Biologi pada Bulan November ini. Dalam mempersiapkan peserta untuk menghadapi PKMPB ini, tentunya peserta diberi ‘bekal’ dari sesi materi yang diberikan pada Pra PKMPB.
            Pra PKMPB 1 dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 November 2019 bertempat di Gedung Dewi Sartika Lantai 10, Universitas Negeri Jakarta.Setelah peserta melakukan presensi,acara  Pra PKMPB dimulai pada pukul 8 pagi dan diawali dengan pembacaan tilawah. Selanjutnya yaitu menyanyikan Indonesia Raya dan Totalitas Perjuangan. Kemudian sambutan dari Ketua BEM Biologi serta Ketua Pelaksana PKMPB Biologi.
Setelah itu diisi dengan materi 1 mengenai Organisasi dan Public Speaking yang menghadirkan Ketua BEM UNJ, Muhammad Abdul Basit. Pada sesi ini dipaparkan mengenai organisasi secara mendalam dan mengenai pentingnya public speaking bagi pemimpin. Selain itu juga disampaikan mengenai kepemimpinan itu sendiri. Peserta juga dilatih bagaimana mengatur ketakutan berbicara di depan umum atau fear management dengan langsung melakukan simulasi Public speaking.
            Menginjak ke acara selanjutnya yaitu sesi dari KPU Biologi. Materi yang disampaikan terkait apa saja kelengkapan dalam pemilu, simulasi pemilu, dan berbagai hal yang terkait dengan pemilu. Setelah ISHOMA dilanjutkan dengan sesi selanjutnya yang diisi oleh Lembaga Legislatif Mahasiswa (LLM).
LLM memaparkan mengenai apa itu sidang dan urgensi-urgensi kenapa sidang diadakan Selain itu mengenai tugas dan fungsi daripada pimpinan sidang. Dijelaskan juga mengenai jenis sidang serta tanda ketukan palu yang berlangsung saat sidang. Dipaparkan juga bagaimana cara menginterupsi sidang sesuai dengan tata cara yang berlaku serta bagaimana pengambilan keputusan yang baik dan benar sesuai etika. Pada sesi ini juga diadakan sidang mengenai penetapan tata tertib bagi peserta PKMPB Biologi 2019.
Acara selanjutnya yaitu sosialisasi mengenai pembagian kelompok dan kakak fasilitator, serta penugasan, baik individu maupun kelompok. Setelah diadakan sosialisasi, dilanjutkan dengan FGD atau Focus Group Discussion, temu kelompok ini juga ditujukan untuk menetapkan ketua kelompok dan membahas persiapan PKMPB Biologi 2019. Sebelum acara Pra PKMPB 1 Biologi ditutup, peserta dan panitia melaksanakan berdoa bersama. Kemudian pengondisian pulang.

Sebelum jadi pemimpin, kesuksesan adalah tentang mendewasakan dan mengembangkan diri. Ketika Anda sudah jadi pemimpin, kesuksesan adalah tentang mendewasakan dan mengembangkan orang lain.
-Jack Welch

#PemimpinMudaBerkarakter
PeralihanPertiwiIdeaGoesvita_KelompokHitam_PKMPBBIOLOGI2019 

 Hasil gambar untuk kepemimpinan

           

Comments